Cara Install SFTP dan SCP di Linux

Apa SFTP?

Singkatan Secure File Transfer Protocol, SFTP adalah metode mentransfer file antar komputer melalui SSH aman aliran data aman. SFTP dalam hal komputasi mengacu pada SSH File Transfer Protocol, atau dikenal sebagai Secure File Transfer Protocol, yang merupakan protokol jaringan yang dirancang untuk menawarkan manajemen file, transfer file, dan fungsi akses file lebih setiap aliran data diandalkan atau saluran. Ini juga merupakan kemajuan besar dari pendahulunya, FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan untuk menjadi standar dalam file transferensi antara dua komputer selama era dialup dan sebelum era broadband. Dibandingkan dengan protokol SCP sebelumnya, yang memungkinkan hanya transfer file, protokol SFTP memungkinkan untuk berbagai operasi pada file remote – itu adalah lebih seperti sebuah protokol sistem file jarak jauh.
Kemampuan ekstra Sebuah klien SFTP dibandingkan dengan klien SCP termasuk melanjutkan transfer terganggu, daftar direktori, dan penghapusan file jarak jauh.
SFTP upaya untuk lebih platform-independen dari SCP; misalnya, dengan SCP, perluasan wildcard ditentukan oleh klien adalah sampai ke server, sedangkan desain SFTP ini menghindari masalah ini.
Sementara SCP paling sering diimplementasikan pada platform UNIX, server SFTP biasanya tersedia pada kebanyakan platform. The SFTP standar dikembangkan oleh IETF (Internet Engineering Task Force) sebagai perpanjangan dari versi kedua dari SSH (Secure Shell Protocol) agar kompatibel [dengan segudang protokol lainnya serta menyediakan pengguna dengan kemampuan transfer file aman .
Kebijakan ini transfer file khusus telah menjadi standar emas dalam file mentransfer field protokol dalam hal keunggulan dalam pelayanan, keamanan, keselamatan, menambahkan intuitif, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas, terutama ketika mempertimbangkan fakta bahwa hal itu cukup dapat digunakan dengan protokol lain juga .

Apa SCP?

Program SCP, yang juga disebut sebagai salinan aman, adalah perangkat lunak menerapkan protokol SCP sebagai daemon layanan atau klien. Ini adalah program untuk melakukan penyalinan aman.
Program server SCP biasanya program yang sama sebagai klien SCP. Secure Copy (SCP) fitur menyediakan metode yang aman dan dikonfirmasi untuk menyalin konfigurasi router atau gambar router file.
SCP mengandalkan Secure Shell (SSH), aplikasi dan protokol yang menyediakan pengganti yang aman untuk Berkeley r-alat. Mungkin program SCP yang paling banyak digunakan adalah program SCP baris perintah, yang disediakan di sebagian besar implementasi SSH.
Program SCP adalah analog aman dari perintah RCP. Program SCP harus menjadi bagian dari semua server SSH yang ingin memberikan layanan SCP, sebagai fungsi SCP sebagai server SCP juga.
Beberapa implementasi SSH menyediakan program SCP2, yang menggunakan protokol SFTP bukannya SCP, tapi memberikan baris perintah yang sama antarmuka seperti SCP. SCP kemudian biasanya symbolic link ke SCP2. Perilaku SCP adalah mirip dengan copy remote (rcp), yang berasal dari Berkeley r-alat suite, kecuali SCP yang mengandalkan SSH untuk keamanan.
Selain itu, SCP mengharuskan otentikasi, otorisasi, dan akuntansi (AAA) otorisasi dikonfigurasi sehingga router dapat menentukan apakah pengguna memiliki level privilege yang benar. SCP memungkinkan pengguna yang memiliki otorisasi yang tepat untuk menyalin file yang ada di Cisco IOS File System (IFS) ke dan dari router dengan menggunakan perintah copy.
Administrator berwenang juga dapat melakukan tindakan ini dari workstation. Dalam copy aman jauh-to-jauh, klien SCP membuka koneksi SSH ke host sumber dan meminta agar hal itu, pada gilirannya, membuka koneksi SCP ke tujuan. Sebagai protokol SCP mengimplementasikan transfer file saja, GUI SCP klien jarang, sebagai implementasi memerlukan fungsi tambahan (daftar direktori setidaknya).

Apa perbedaan antara SCP dan SFTP?

Dibandingkan dengan protokol SCP sebelumnya, yang memungkinkan hanya transfer file, protokol SFTP memungkinkan untuk berbagai operasi pada file remote – itu adalah lebih seperti sebuah protokol sistem file jarak jauh. Kemampuan ekstra Sebuah klien SFTP dibandingkan dengan klien SCP termasuk melanjutkan transfer terganggu, daftar direktori, dan penghapusan file jarak jauh. Untuk alasan ini relatif sederhana untuk menerapkan klien GUI SFTP dibandingkan dengan klien GUI SCP.
Dioperasikan melalui SSH, keduanya protokol aman. SFTP mendukung transfer melanjutkan sementara SCP tidak mendukung. Ketika datang ke file besar, SFTP mendukung file lebih 4GB yang akan ditransfer sementara SCP tidak mendukung file lebih 4GB yang akan ditransfer. Dalam SFTP, ASCII mentransfer didukung sejak SFTP-4.
Untuk versi WinSCP mengemulasi mode teks dengan mengkonversi file sebelum transfer. Sebaliknya, SCP tidak suppor itu. WinSCP mengemulasi mode teks dengan mengubah berkas sebelum transfer. [Dalam SFTP, itu adalah operasi rekursif dengan direktori (penghapusan, izin perubahan) harus dilakukan secara terpisah untuk setiap file. Dengan demikian operasi dapat memakan waktu yang lama, terutama untuk direktori dengan sejumlah besar file.
Meskipun kedua SCP dan SFTP menggunakan enkripsi SSH sama selama transfer file dengan tingkat umum yang sama overhead, SCP biasanya jauh lebih cepat daripada SFTP di mentransfer file, terutama pada jaringan latency tinggi. Hal ini terjadi karena SCP mengimplementasikan algoritma mentransfer lebih efisien, salah satu yang tidak memerlukan menunggu konfirmasi paket.
Perbedaan SFTP dan SCP
Hal ini menyebabkan kecepatan lebih cepat tapi datang dengan mengorbankan tidak dapat mengganggu transfer, jadi tidak seperti SFTP, transfer SCP tidak dapat dibatalkan tanpa mengakhiri sesi. Dalam SFTP Eksekusi perintah sewenang-wenang tidak didukung oleh protokol. WinSCP dapat membuka sesi shell terpisah untuk menjalankan perintah. Dalam SCP didukung selama perintah tidak memerlukan input pengguna.
Dalam kasus SFTP, Hal ini dimungkinkan untuk membuat dan mengedit link simbolik sejak SFTP-3. Hard link hanya didukung sejak SFTP-6 (didukung oleh WinSCP). Ketika datang ke SCP, tt adalah mungkin untuk membuat link simbolik baik dan keras (ln). Link simbolik dapat diedit juga. Ketika datang untuk mengajukan modifikasi waktu-cap, di SFTP, teori masalah tidak terjadi, sebagai protokol membutuhkan cap waktu untuk berada di UTC.
Praktis beberapa server SFTP memiliki masalah dengan DST. Dalam SCP, Beberapa perintah shell dipengaruhi oleh waktu daylight-saving. Sebagai contoh, perintah ls dapat kembali waktu yang berbeda dari SCP. Dengan demikian, setelah transfer, waktu-cap file bisa berbeda. Juga bisa ada perbedaan tambahan yang disebabkan oleh zona server yang offset.
Hal ini menyebabkan masalah ketika membandingkan direktori dan sinkronisasi. Dalam proses konfigurasi, umumnya, hanya informasi login yang diperlukan untuk SFTP. Untuk SCP, untuk koneksi sukses ke server itu sering perlu untuk benar mengatur beberapa opsi konfigurasi pada dialog Login.

Cara Install
SFTP
1.      Lakukan instalasi SSH terlebih dahulu
2.      Masukkan perintah SFTP student@10.252.108.141 dari terminal client
3.      Maka client sudah dapat mendownload data server dengan perintah get (nama file)
SCP
1.      Lakukan instalasi SSH terlebih dahulu
2.      Masukkan perintah SCP student@10.252.108.141:/home/student/(nama file) . untuk mendownload data server dari terminal client

No comments:

Post a Comment